Taman Sari Yogyakarta kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat - Wisata Mediaku

Taman Sari Yogyakarta kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat


Taman Sari Yogyakarta kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat - Wisata Mediaku
instagram/angelinalarasatii

Wisata Mediaku - Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Waktu yang tepat untuk datang ketempat ini adalah pada waktu weekdays (senin-jumat) karena ketika weekend akan sangat ramai sekali pengunjung. Hal ini dikarenakan selain wisata sejarah, juga dapat bernostalgia dengan bangunan jaman dulu yang sangat fotogenik bagi para pecinta fotografi. Adapun tiket masuk untuk tempat ini yaitu :

Untuk dapat menikmati taman sari ini kamu dikenakan biaya tiket masuk, sebagai berikut :
1. Wisatawan lokal : Rp 3.000
2. Wisatawan asing : Rp 7.000
3. Tiket masuk + guide : Rp 25.000
4. Apabila membawa kamera : (+)Rp 1.000/kamera
Untuk kamu yang menggunakan bus, tidak bisa menggunakan bus sampai ke lokasi, bus akan di parkirkan di area yang telah di sediakan, lalu kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan shuttle mobil ke lokasi taman sari. Shuttle mobil akan di kenakan biaya Rp 10.000/orang.

Kampung wisata Taman Sari terletak di Jl. Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatahn Kraton. Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Secara toponim nama Taman Sari konon berasal dari nama Pesanggrahan Taman Sari. Kampung Wisata Taman Sari sangat strategis karena lokasinya berada di kawasan Obyek Wisata Taman Sari (Water Castle) dan berada dalam kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta, oleh karena itu kampung wisata Taman Sari keberadaanya memang memiliki fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Taman Sari dan Kraton Yogyakarta.



Taman sari terdiri dari beberpa tempat yaitu :
Bagian pertama
Bagian ini terdiri dari danau buatan yang disebut "Segaran" (harfiah=laut buatan) serta bangunan yang ada di tengahnya, dan bangunan serta taman dan kebun yang berada di sekitar danau buatan tersebut.

Pulo Kenongo
Di tengah-tengah Segaran terdapat sebuah pulau buatan, "Pulo Kenongo", yang ditanami pohon Kenanga.
Pulo Cemethi dan Sumur Gumuling
Di sebelah selatan Pulo Kenongo terdapat sebuah pulau buatan lagi yang disebut dengan "Pulo Cemethi". Bangunan berlantai dua ini juga disebut sebagai "Pulo Panembung".

Bagian Kedua, terdiri dari beberapa tempat yaitu :
Gedhong Gapura Hageng
"Gedhong Gapura Hageng" merupakan pintu gerbang utama taman raja-raja pada zamannya.

Gedhong Lopak-lopak
Di halaman ini hanya tersisa deretan pot bunga raksasa serta pintu-pintu yang menghubungkan tempat ini dengan tempat lainnya. Pintu di sisi timur halaman bersegi delapan tersebut merupakan salah satu gerbang menuju Umbul Binangun.

Umbul Pasiraman
"Umbul Pasiraman" atau ada yang menyebut dengan "Umbul Binangun" (pengucapan dalam bahasa Jawa "Umbul Winangun") merupakan kolam pemandian bagi Sultan, permaisuri, para istri (garwo ampil), serta para putri-putri raja.

Gedhong Sekawan
Di halaman yang dihiasi dengan deretan pot bunga raksasa ini berdiri 4 buah bangunan yang serupa. Bangunan ini bernama "Gedhong Sekawan".

Gedhong Gapuro Panggung
Di sebelah timur halaman bersegi delapan tersebut terdapat bangunan yang disebut dengan "Gedhong Gapura Panggung". Bangunan ini memiliki empat buah jenjang, dua di sisi barat dan dua lagi di sisi timur.

Gedhong Temanten
Di tenggara dan timur laut gerbang Gapuro Panggung terdapat bangunan yang disebut dengan "Gedhong Temanten".

Bagian Ketiga
Dahulu bagian ini meliputi Kompleks "Pasarean Dalem Ledok Sari" dan Kompleks kolam "Garjitawati" serta beberapa bangunan lain dan taman/kebun. Pasarean Dalem Ledok Sari merupakan sisa dari bagian ini yang tetap terjaga. Pasarean Dalem Ledok Sari konon merupakan tempat peraduan Sultan bersama Pemaisurinya.

Bagian Keempat
Bagian terakhir ini merupakan bagian Taman Sari yang praktis tidak tersisa lagi kecuali bekas jembatan gantung dan sisa dermaga. Deskripsi di bagian ini hampir seluruhnya merupakan sebuah rekonstruksi dari sketsa serangan pasukan Inggris ke Keraton Yogyakarta pada tahun 1812.


Taman Sari Yogyakarta kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat - Wisata Mediaku
Wikipedia/Taman_Sari_Yogyakarta


Comments

Popular posts from this blog

Harga tiket masuk candi prambanan terbaru - Wisata Mediaku

Pantai Ngrawe Gunungkidul, pantai baru dengan pesona pantai pribadi - Wisata Media